Monday 13 May 2013

Cara Menghilangkan Stress



Berikut merupakan tips untuk menghilangkan stress:

1. Identifkasikan Penyebab Stress
    Mencari tahu apa yang menyebabkan Anda menjadi stress merupakan hal terbaik, karena Anda akan dapat menemukan solusi yang tepat sebagai penghilangnya. Stress bisa disebabkan karena berbagai faktor seperti ; lingkungan pekerjaan, sekolah, banyaknya tugas-tugas yang belum terselasaikan, maupun lingkungan sekitar yang kurang harmonis. Jika identifikasi sudah ditemukan maka langkah selanjutnya bisa Anda pilih pada langkah selanjutnya yang tepat setelah point ini.

2. Berikan Sempatkan Waktu untuk Diri Sendiri
    Cobalah untuk bersantai . Relax. Menghabiskan beberapa waktu dengan keluarga  Anda, membaca buku atau menonton film favorit,  bermain olahraga favorit tiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman, tarik nafas dalam-dalam kemudian perlahan dikeluarkan lewat mulut sampai benar-benar relax , atau melakukan hobi, bahkan berteriak sekencang-kencangnya di ladang yang hijau, luas, dan jauh dari keramaian juga akan  benar-benar menenangkan pikiran Anda dan melepaskan semua ketegangan dan pikiran stres.


3. Jangan Menekan Pikiran dan Emosi
    Bila perilaku seseorang yang mengganggu membuat Anda stres. Berbicara sopan dengannya dan ceritakan tentang hal itu. Kuasailah pikiran dan emosi, jangan sampai amarah membuat keadaan menjadi tanbah rumit.

4. Menganalisis jadwal waktu Anda
    Jika Anda merasa terbebani dengan banyak tanggung jawab, cobalah untuk menganalisa, mengatur dan memprioritaskan tugas-tugas Anda dengan membuat daftar yang harus dilakukan dan menyoroti tugas-tugas yang paling penting dan harus segera dilakukan. Kemudian, membagi slot waktu sesuai dengan prioritas tugas. Jika beberapa tugas terlalu besar untuk dilakukan pada satu waktu, bagilah tugas dalam kelompok-kelompok kecil. Jangan membebani diri sendiri dan coba untuk menemukan waktu untuk bersantai sejenak. banyak yang bilang bahwa manajemen waktu adalah kunci keberhasilan dan jika Anda mengatur waktu dengan baik, maka Anda merasa lebih fokus dan energik dan stres akan jauh dari Anda

5. Bergaul dengan orang-orang positif
    Menghabiskan beberapa waktu dengan orang-orang positif, setidaknya memperkuat mental anda untuk bertahan menghadapi stres. sangat dianjurkan bagi anda bertukar pikiran dan membagi keluh kesah pada orang yang selalu bersikap positif.
 
6. Musik sebagai terapi
    Musik bekerja seperti sihir untuk menenangkan pikiran Anda dan memberikan efek rileks dari semua ketegangan dan stres. Jadi mendengarkan musik favorit Anda atau memainkan gitar atau piano ketika Anda merasa stres sangatlah baik untuk dicoba.
 
7. Tertawa / Bersenda Gurau dengan Teman-Teman
    Dikatakan bahwa tertawa adalah obat yang baik. Jika Anda memiliki rasa humor yang baik, Anda kurang rentan terhadap stres, depresi dan kecemasan. Jika Anda menghadapi beberapa fase sulit dalam hidup, jangan kehilangan senyum di wajah Anda dan hadapilah sebagai seorang pejuang yang tidak pernah mengutuk takdir.
 
8.  Cukup tidur
     Tidur selama minimal 6 sampai 8 jam setiap hari karena meremajakan tubuh kita dan membuatnya siap untuk hari berikutnya. Jika kita tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh kita tetap lelah, tidak memiliki energi yang cukup untuk berkonsentrasi dan bekerja dengan baik yang selanjutnya mengarah ke stres.
 
9. Curhat
    Curhat atau Curahan Hati yaitu menceritakan kepenatan dan hal-hal yang membuat hati galau. Curhat kepada teman ataupun buku harian juga dapat mengurangi stress, karena hal itu seakan mengurangi stress yang menjadi beban pikiran.

10. Pijat
      Pijat dengan jari juga membantu untuk melepaskan ketegangan dan stres. Ketika titik-titik tertentu  ditekan, ada sensasi sakit ringan.  Ada banyak titik-titik tekanan pada tubuh kita. Teknik memijat diri sendiri berikut boleh dicoba sendiri:
       a). Tutup mata Anda tekan dengan ujung jari  titik antara kedua alis mata.
       b). Tempatkan satu tangan Anda di bahu lainnya  dan tekan otot-otot di bahu dalam gerakan melingkar selama 5 sampai 10 kali. lalu  ulangi dengan bahu lainnya.
 
11. Mandilah dengan Air Hangat Dicampur Rempah-Rempah 
      Terapi mandi juga bermanfaat dalam relaksasi pikiran dan tubuh dan mengurangi tingkat stres. Anda juga dapat meletakkan minyak aroma  atau herbal dalam bak mandi seperti kelopak mawar atau lemon setengah jam sebelum mandi, ramuan ini memiliki efek menenangkan dan membuat Anda santai serta meremajakan tubuh Anda.
 
12. Berpikir Positive
      Percayalah bahwa kekuatan dari dalam diri Anda sebagian besar karena pikiran yang positive. Ingatlah bahwa pikiran positive akan mengubah keadaan menjadi lebih positive.

13. Berdoa, Berwudlu, Sholat, dan Mengaji
      Berdoa dan mencurahkan apa yang terjadi dan memohon untuk diberikan jalan terbaik untuk menyelesaikan perkara yang dihadapi kepada Alloh sebagai Yang Maha Mengetahui merupakan hal yang diharuskan, karena tanpa kuasa-Nya maka hidup akan hampa. Berwudlu juga dapat menyegarkan kulit karena pori-pori terbuka sehingga stress berkurang, serta sebagai peremajaan kulit. Sholat dan mengaji jugadapat menenangkan hati.

Semoga kita semua terhindar dari stress dan dapat menitih kehidupan fana ini dengan segala jalan yang bijak pada problema-problema yang ada. aamiin :)

referensi :
metris-community.com
idecara.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment