Monday 5 November 2012

Lalat Rumah yang Berbahaya

           Lalat? Apa itu Lalat?
           Lalat adalah binatang jenis serangga, Lalat memiliki berbagai macam jenis. Salah satunya adalah Musca Domestica (nama latinnya) atau Lalat Rumah.
           Lalat dapat memindahkan kuman penyakit ke makanan kita. Hal ini dapat dibuktikan dengan percobaan sebagai berikut :
           Sebutir blok kaldu dicairkan dalam sedikit air panas, kemudian tambahkan kanji sehingga cairan (sop) menjadi kental. Taruhlah sop itu pada tutup kaleng yang bersih, tutupi dengan kaca dan biarkan mendingin.
           Kemudian setelah itu kita masukkan seekor lalat ke dalam ruang itu dan biarkan lalat berjalan diatas sop kental tersebut. Sesudah Lalat itu dilepaskan lagi. Setelah selang waktu satu atau dua hari, pada jejak Lalat tampak noda-noda kecil seperti susu. Noda-noda tersebut tidak lain adalah koloni-koloni bakteri yang terbawa lalat dan sementara itu telah berkembang biak dengan pesat.
           Pada lingkungan sekitar kita sekarang ini, banyak pedagang yang menjajakan makanannya di berbagai tempat. Namun, terkadang makanan-makanan itu diletakkan di tempat yang rawan disinggahi Sang Lalat. Oleh karena itu, sobat semua berhati-hati dan selektif dalam membeli maupun memakan makanan. Karena jika tidak, penyebab dari bakteri yang dibawa Lalat dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti sakit perut, diare, dsb.
          Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.
          Salam blogger! :D 





0 comments:

Post a Comment